PENGAJIAN AHAD PAGI PRM TIRTONIRMOLO BARAT:
112 tahun Muhammadiyah konsisten dengan dakwah mencerahkan, memajukan, dan menggembirakan

share on:

“Dakwah saat ini menghadapi tantangan yang cukup berat. Kepedulian sosial sudah luntur di zaman teknologi saat ini. Ketika ada kecelakaan misalnya, orang rame-rame mendekat bukannya menolong tapi sibuk merekam video untuk dijadikan materi konten medsosnya. Dakwah saat ini menghadapi musuh iblis-syaitan yang luar biasa.”

Demikian diantaranya disampaikan oleh Drs. H. Saebani, M.A., M.Pd. (PDM Bantul) saat menjadi pembicara Pengajian Ahad Pagi Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat Cabang Kasihan Daerah Bantul DIY pada Ahad 13 Oktober 2024 di Masjid Al-Hidayah Kampung Kersan, salah satu masjid besar di wilayah Tirtonirmolo Barat.

Saebani selanjutnya menyampaikan dengan gaya leluconnya yang khas bahwa saat ini iblis-syaitan sudah membentuk partai.

“Susunan lengkap kepengurusannya Ketua Umumnya zalimin, Sekjennya musyrikin, Bendahara Umumnya munafikin, dan anggotanya para fasikin”.

Saebani yang dikenal sebagai mubaligh humoris, lucu, dan menyegarkan namun sarat muatan makna juga mengajak jamaah untuk menghadapi tantangan hidup dengan penuh kesyukuran, kegembiraan, kenikmatan, dan berusaha menjadi orang yang hidupnya penuh menfaat bagi orang lain sehingga akan membawa manfaat kebaikan dan kebahagiaan sejati di dunia maupun akhirat nanti.

“Hiduplah seperti pohon kelapa yang semua bagian pohonnya membawa manfaat bagi manusia dari akarnya dan batang pohonnya. Kelapanya sendiri, sejak masih disebut manggar, beluluk, cengkir, degan, kopyor sekalipun, semua ada manfaatnya. Kulit/lapis kelapanya, airnya, bahkan sisa parutan kelapanya, semua bisa dimanfaatkan oleh manusia. Daunya baik yang masih muda (janur), maupun yang tua (blarak), lidinya, dan semua bagian lainnya dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk hal-hal yang positif dan produktif”. Demikian pesan Saebani kepada jamaah Pengajian Ahad Pagi.

Sementara itu, Ketua PRM Tirtonirmolo Barat, H. Sofriyanto dalam sambutannya menyampaikan bulan November 2024 mendatang Muhammadiyah berusia 112 tahun. Sejak berdirinya Muhammadiyah 112 tahun lalu sampai saat ini Muhammadiyah selalu konsisten membawa misi dakwah yang memajukan dan menggembirakan kehidupan (cara hidup) warganya sesuai ajaran Islam.

“Dakwah yang mencerdaskan, memajukan, dan menggembirakan inilah yang membuat Muhammadiyah panjang umur sampai saat ini dan tidak akan lelah berdakwah sampai waktu yang tidak dapat ditentukan, kata Buya Syafii Maarif bahkan sampai H-1 hari kiamat Muhammadiyah akan terus berdakwah dan beramal saleh.”

H. Sofriyanto melanjutkan, “Dakwah Muhammadiyah itu merangkul bukan memukul, menyelesaikan masalah bukan membuat masalah, menggembirakan bukan menyedihkan”.

Pengajian Ahad Pagi PRM Tirtonirmolo Barat dihadiri ratusan jamaah dengan berbagai macam latar belakang sosial dari mulai Lurah Tirtonirmolo, Dukuh, RT, Pak Kaum, sesepuh dan tokoh, dibantu angkatan muda (Kokam) PRM Tirtonirmolo Barat, dan lain-lain. Pengajian ini juga diramaikan oleh bazar produk Himpunan Wanitia Disabilitas Indonesia (HWDI) serta didukung oleh PT Syarikat Cahaya Media/Suara Muhammadiyah yang memberikan voucher belanja gratis di Log Mart kepada jamah yang beruntung.

Leave a Response